Friday, May 6, 2011

Sapindaceae ==> Soapberry Family

Setelah 2 hari gk posting, akhirnya sekarang ketemu lagi...
Kali ini qta sama2 belajar tentang satu family yang sbenarnya spesies-spesiesnya sudah banyak kita kenal dan bahkan sering qta lihat dan qta konsumsi sehari-hari. Masih ingat rambutan, kelengkeng, matoa, lychee, lerak atau yang lainnya... Beberapa spesies tersebut adalah anggota dari family ini. Kali ini qta akan mengupas tuntas all about soapberry family atau lebih dikenal sebagai family Sapindaceae.

Sapindaceae sering disebut sebagai suku soapberry, merupaan salah satu jenis tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) yang masuk dalam ordo atau bangsa Sapindales. Suku ini terdiri dari 1400-2000 spesies yang masuk dalam 140-150 genus. Spesies-spesies anggota Sapindaceae tersebar di daerah beriklim tropis.
~~~KARAKTERISTIK~~~
Kebanyakan spesies anggota Sapindaceae berupa semak, perdu, atau pohon, kadang-kadang berupa liana dengan alat-alat pembelit. Daun tunggal atau majemuk menyirip tunggal atau berganda, duduk daun tersebar, jarang berhadapan, dengan atau tanpa daun penumpu.


Habitus umum Sapindaceae

Bunga banci, berkelamin tunggal, atau poligam, seringkali berumah dua, tersusun atas dalam rangkaian yang bermacam-macam, biasanya berbentuk malai, zigomorf dengan bidang simetri miring. Daun kelopak lima, bebas atau berlekatan, tersusun seperti genting atau katup. Daun mahkota 3-5, seringkali tidak terdapat. Cakram biasanya terdapat, seringkali pada satu sisi saja di luar lingkaran benangsari. Benangsari 8 kadang-kadang 5, 10 atau banyak, tertanam di sebelah dalam cakram, tangkai sari bebas, sering berambut. Kepala sari beruang 2. Bakal buah sering menumpang, dekat pangkal berlekuk atau berbagi, biasanya beruang 3 seringkali hanya beruang 2, tiap ruang kebanyakan hanya berisi 1 bakal biji, ada kalanya 2 atau lebih.


Perbungaan malai pada Koelreuteria formosana
Bunga bagian kanan adalah bunga betina dan kiri jantan

Insert bunga jantan dan bunga betina pada Koelreuteria formosana

Cakram benangsari

Benangsari tertanam dalam cakram

Diagram bunga Sapindaceae

Buahnya berupa buah kendaga, buah keras, buah batu atau buah berbagi sering bersayap. Biji mempunyai salut tanpa endosperm, lembaga terlipat atau terpilin.


Buah tipe kendaga pada Ungnadia speciosa


~~~CONTOH SPESIES~~~

Nephelium lappaceum (Rambutan)

Pometia pinnata (Matoa)

Litchi chinensis (Leci)

Dimocarpus longan (Kelengkeng)

Schleichera oleosa (Kesambi)







1 comment:

  1. Itu yang terakhir bukan pohon kesambi. Kayaknya pohon mimba

    ReplyDelete