Monday, May 2, 2011

Papilionaceae ==> Si bunga kupu-kupu

~~~PUTRI AGUSTINA~~~
Hm... Ketemu lagi... Bngung mau posting apaan lagi ya... Ya lagi, lagi, dan lagi krna saiia pecinta tumbuhan dengan dunianya lagi2 kali ini saiia hrus posting tentang tumbuhan lagi.. he... *maap,maap,maap bwt yg bosennn Nah, mau bhas apa ya... Kelupaan ada satu family yg jd favoritq, Papilionaceae, atau biasany dsebut bunga kupu2... Bukan hnya krna bunganya yg indah, tpi krna tampilannya yg menarik spesies2nya yg beragam membuat saya jatuh cinta pada family ini... *pdhl tiap kali posting ngmgnya kek gtu.... Check this out friend...
Papilionaceae merupakan nama suku untuk tumbuhan yang berbunga kupu-kupu (papilon = kupu-kupu). Semua bunga dalam kelompok ini berbentuk seperti kupu-kupu yang sedang terbang. Sebagian besar dari jenis ini dapat dikonsumsi dan merupakan komoditas penting dalam kehidupan manusia. Keisimewaan dari suku ini adalah pada bagian akarnya yang bersimbiosis dengan sejenis bakteri yang dapat menghisap nitrogen bebas dari udara. Bakteri ini adalah Rhizobium javanicum , Rhizobium leguminoserum (rhizo=akar). Oleh karena itu, kelompok tumbuhan ini dikenal sebagai tanaman pupuk hijau.
Simbiosis akar kacang tanah dengan bakteri Rhizobium

~~HABITUS~~
Tanaman terna, perdu, atau pohon dengan daun tunggal atau majemuk. Bunga banci, zigomorf, kelopak berbilangan 5, pada pangkal berlekatan. Mahkota bunga berbentuk kupu-kupu terdiri atas 5daun mahkota dengan susunan yang khas, 1 yang paling besar disebut bendera (vexillum) , 2 disamping sama besar disebut sayap (ala), 2 lagi sempit berlekatan disebut lunas (carina). Benang sari biasanya 10 berberkas 2, 1 bebas dan 9 lainnya dengan tangkai sari yang berlekatan (disebut susunan 9+1), kepala sari membuka dengan celah membujur.
Diagram bunga Papilionaceae


Typicall bunga Papilionaceae

Buah pada family papilionaceae berupa buah polong (legume) yang bila masak menjadi kering dan pecah, tetapi ada pula yang tidak pecah, melainkan terputus-putus dalam bagian yang berisi 1 biji. Biji tanpa atau sedikit endosperm. Cadangan makanan untuk lembaga terutama tersimpan dalam daun lembaganya.
Buah polong pada Papilionaceae

Anatomi biji kacang kapri (Papilionaceae)

~~PEMANFAATAN~~
Diantara anggota papilionaceae banyak yang merupakan tanaman penghasil komoditi yang berharga, merupakan bahan pangan dengan nilai gizi yang tinggi karena kandungannya akan protein, lemak, dan vitamin-vitamin dalam bijinya. Polong yang muda, demikian daun-daun yang muda jenis tertentu banyak yang dimakan sebagai sayuran. Selain dari itu banyak pula diantaranya yang dalam pertanian ditanam sebagai pupuk hijau.
Beberapa contoh spesies Papilionaceae:

Sesbania grandiflora (Turi)


Crotalaria striata (Orok-orok)

Arachis hypogaea (Kacang tanah)
Viccia faba (Kacang babi)




No comments:

Post a Comment