Tuesday, May 3, 2011

CAESALPINIACEAE==> Beautifull Flower family

Kalo kemarin qta udah menguliti dan mengupas habis *halahhhhh tentang Papilionaceae dan kerabatnya Mimosaceae, ada satu family lagi yang kekerabatannya dekat dengan 2 family yang kemarin. Yappp, CAESALPINIACEAE. Kenapa msti dbahas? Ya lagi, lagi, dan lagi karena saya mencintai dunia tumbuhan... *hehehehe gk ding Karena family ini memiliki spesies-spesies yang menarik dengan bunga-bunga yang indah mengalahkan indahk=nya bunga mawar putih, mawar merah, bunga crisan, atau bunga tulip *lebayyyyyy
Check this out prenddddd
Nama suku Caesalpiniaceae merupakan nama suku untuk flamboyan-flamboyanan yang namanya diambil dari salah satu ahli botani Italia bernama Andrea Caesalpini (1519-1603). Caesalpiniaceae juga merupakan bagian dari kelompok polong-polongan yang serbuk sarinya berjumlah 10, namun susunannya tersebar atau melingkar. Susunan perbungaannya adalah majemuk tidak terbatas. Kelompok tumbuhan ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias peneduh, atau penghijauan.
~~HABITUS~~
Anggota suku ini berbeda dengan warga Papilionaceae terutama karena warga suku ini hampir semuanya berupa perdu atau pohon, boleh dikatakan hampir tidak ada yang berupa terna. Daun hampir selalu majemuk menyirip atau menyirip ganda jarang yang tunggal dan beranak daun 1. Pada suku ini masih mempunyai bunga yang mahkotanya yang nyata dan berbentuk seperti kupu-kupu, tetapi kelima daun mahkotanya bebas, tidak ada yang berlekatan atau dapat pula jumlah daun mahkota kurang dari lima dan bahkan sampai tidak ada. Benangsari 10, jarang lebih, biasanya bebas atau berlekatan dengan bermacam-macam cara. Buahnya buah polong yang jika masak menjadi kering kemudian pecah, atau berdaging dan tidak membuka, seringkali bersayap. Biji dengan endosperm tipis atau tanpa endosperm.

Habitus Caesalpiniaceae

Diagram bunga Caesalpiniaceae


Struktur bunga

~~CONTOH SPESIES~~
Beberapa spesies anggota suku Caesalpiniaceae biasanya digunakan sebagai tanaman hias, peneduh atau penghijauan.

Cassia siamea (Johar)

Caesalpinia pulcherrima (Kembang merak)

Bauhinia purpurea (Bunga kupu-kupu)

Amherstia nobilis

Inocarpus edulis (Gayam)

Delonix regia (Flamboyan)

Nah, setelah dari kemarin mengutak atik tentang Papilionaceae, Mimosaceae, dan Caesalpiniaceae pastinya dapat dilihat dari ciri-ciri fisik atau habitusnya bahwa ketiga family tersebut memiliki kekerabatan yang cukup dekat. *sotoyyyyyyy
Pada edisi berikutnya nanti kita bahas persamaan dan perbedaan ketiganya sehingga ada sistem klasifikasi yang menjadikan ketiga family tersebut masuk dalam family besar yang disebut Leguminosae atau Fabaceae.
Tunggu edisi selanjutnya ya teman... ^_^

1 comment: