Saturday, March 13, 2010

BIXACEAE===>>MONOTIPIK FAMILY

~~~PUTRI AGUSTINA~~~
Bixaceae merupakan salah satu family atau suku monotipik karena hanya terdiri dari satu genus. Tanaman dari famili Bixaceae merupakan tanaman asli Amerika tropik.
~~~DESKRIPSI FAMILY~~~~
Merupakan pohon atau perdu dengan daun tunggal bertulang daun menjari yang duduknya tersebar, mempunyai daun penumpu. Bunga besar membentuk rangkaian berupa malai, banci, dan aktinomorf. Daun kelopak 5, daun mahkota 5, benangsari banyak. Bakal buah menumpang, beruang 1 dengan 2 tembuni terdapat banyak bakal biji masing-masing dengan 2 integumen, tangkai putik 1. Buahnya buah kendaga, penuh dengan rambut-rambut atau gundul di sebelah luarnya, membuka dengan 2 katup diantara tembuni. Biji dengan kulit luar berdaging berwarna merah, mempunyai endosperm, lembaga besar dan daun lembaga yang lebar dan melengkung pada ujungnya.
Habitus BIXACEAE :

Salah satu contoh spesies Bixaceae yang paling terkenal adalah Bixa orellana atau yang lebih dikenal sebagai kesumba.

Bixa orellana
Buah Bixa orellana mengandung zat pewarna yang disebut bixin. Zat ini dapat diekstraksi dengan merendam biji dalam air. Biji biasa digunakan untuk mewarnai produk-produk makanan, seperti keju, ikan, dan salad minyak.

No comments:

Post a Comment