Saturday, March 13, 2010

Annonaceae==>>"The Apel Custard Family"

Annonaceae, juga disebut suku sirkaya-sirkayaan adalah suku dari tanaman berbunga yang terdiri dari pohon-pohon, semak atau jarang lianas. Dengan kira-kira 2300-2500 spesies dan lebih dari 130 genera, Annonaceae adalah famili terbesar di ordo Magnoliales. Hanya empat genera, Annona, Rollinia, Uvaria dan Asimina menghasilkan buah-buahan yang dapat dimakan. Suku ini terkonsentrasi di daerah tropis, sekitar 900 spesies Neotropical, 450 adalah Afrotropical, dan spesies lain Indomalayan.
~~~DESKRIPSI UMUM~~~
Habitus : Kebanyakan berupa pohon atau semak, beberapa liana dengan kulit batang, daun, dan bunga aromatic. Hidup di daerah tropis.

Habitus Annonaceae
Batang dan Daun : Kulit batang berserat dan aromatik, empulur terpisah (baik secara tangensial maupun partisi). Percabangan simpodial dapat juga dikotom. Daun tunggal atau majemul, tulang daun menyirip.Duduk daun tersebar atau berseling, tanpa daun penumpu.
Bunga : Tangkai bunga aksilaris ,meninggalkan bekas pada batang yang tua atau pada tunas-tunas daun yang baru. Bunga biasanya trimerous; ditanggung sendiri-sendiri atau dalam senyawa inflorescences; biseksual dan jarang berkelamin tunggal. Reseptakel mungkin menjadi membesar, peningkatan atau flat. Biasanya dua gigih untuk empat daun yang berbeda atau bawaan (menyatu) di pangkalan. Bunga banci, jarang berkelamin tunggal, aktinomorf, biasanya berbilangan 3, seringkali mempunyai 2 lingkaran daun-daun mahkota. Benangsari banyak, bakal buah 1 sampai banyak, bebas satu sama lain, masing-masing berisi banyak atau 1 bakal biji saja, letaknya pada kampuh perut atau basal, tiap bakal biji mempunyai 2 integumen.


Bermacam-macam bunga Annonaceae
Buah dan Biji : Buah kebanyakan berupa buah buni, kadang-kadang berupa buah buni ganda. Biji dengan endosperm berbelah dan lembaga yang kecil.

Annona muricata
~~~PENGGUNAAN~~~
Beberapa spesies, seperti Annona cherimola (cherimoya), A. muricata (guanabana, soursop), A. muricata (guanabana, sirsak), A. squamosa (sugar apple, sweet apple), and Rollinia mucosa (biriba) dibudidayakan di seluruh daerah tropis dan bahkan Subtropis karena buah-buahan yang dapat dimakan. Kulit yang kuat sering digunakan untuk membawa beban seluruh kawasan Amazon. Kayu sering dinilai untuk kayu bakar dan digunakan untuk tiang, kano, dan jembatan. Baru-baru ini saja beberapa Annonaceae Rambut menjadi penting dalam riset karena antijamur, bakteriostatik, dan terutama kemampuan sitostatik beberapa konstituen kimia dari daun dan kulit pohon.

No comments:

Post a Comment