Wednesday, April 6, 2011

EUPHORBIACEAE==>SPURGE FAMILY PLANTS

Euphorbiaceae, suku kastuba-kastubaan adalah keluarga besar tumbuhan berbunga dengan 300 marga dan sekitar 7.500 spesies. Sebagian besar tumbuhan, tetapi beberapa, terutama di daerah tropis, juga semak belukar atau pepohonan. Ada yang lezat dan menyerupai kaktus.
Suku ini terdapat terutama di daerah tropis, dengan mayoritas spesies di wilayah Indo-Malaya dan Amerika tropis. Ada sebagian besar di Afrika tropis, tetapi tidak banyak atau beragam seperti di kedua daerah tropis lainnya. Namun, Euphorbia juga memiliki banyak spesies di daerah non-tropis seperti Basin Mediterania, Timur Tengah, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat selatan.
HABITUS
Daun alternate, jarang berlawanan, dengan stipula. Berbentuk sederhana, dengan pertulangan daun yang selalu palmate, tidak pernah menyirip. Stipula dapat tidak ada dan termodifikasi menjadi rambut, kelenjar, atau duri, atau pada spesies sukulen kadang-kadang tidak ada.

Habitus
Bunga radial simetris yang berkelamin tunggal, dengan jantan dan bunga betina biasanya terjadi pada tanaman yang sama. Seperti yang bisa diharapkan dari seperti keluarga besar, ada berbagai macam dalam struktur bunga-bunga. Mereka dapat berumah satu atau dioecious. Benang sari (organ laki-laki) dapat nomor dari 1 sampai 10 (atau bahkan lebih). Bunga-bunga wanita hypogynous, yaitu, dengan ovarium superior.

Diagram bunga
Genus dalam suku Euphorbieae, subtribe Euphorbiinae (Euphorbia dan kerabat dekat) menunjukkan bentuk yang sangat khusus pseudanthium ("bunga palsu" terdiri dari beberapa bunga sejati) disebut sebuah cyathium. Ini biasanya sebuah penutup seperti cangkir kecil yang terdiri dari bracts menyatu bersama dan kelenjar nectary perifer, mengelilingi sebuah cincin dari bunga jantan, masing-masing benang sari tunggal. Di tengah cyathium berdiri sebuah bunga betina: satu putik dengan stigma bercabang tunggal. Pengaturan ini secara keseluruhan menyerupai bunga tunggal.
Buah biasanya schizocarp, kadang-kadang buah berbiji satu. Sebuah schizocarp khas adalah regma, buah kapsul dengan tiga atau lebih sel, yang masing-masing membagi terbuka pada saat jatuh tempo menjadi bagian-bagian yang terpisah dan kemudian melepaskan diri eksplosif, hamburan benih kecil.

Karakteristik bunga dan buah Euphorbiaceae

CONTOH SPESIES

Acalypha hispida



Codiaeum variegatum

Euphorbia pulcherrima

Jatropha curcass


2 comments: